Ketua LP3M UNG Narasumber Workshop Kurikulum Program Studi di FPIK UNG

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 19 Juni 2023 . 18:39:07

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG mengadakan workshop untuk dosen yang diselenggarakan pada  19 Juni 2023 di Under Sunset Resort,Bone Bolango. Tema pada acara workshop ini yaitu “Menuju FPIK Ber-MBKM Unggul dan Berdaya Saing".

Acara ini mengundang narasumber yakni Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd Sekilas profil narasumber yaitu dosen tetap pada prodi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNG. Elya Nusantari merupakan ketua LP3M UNG yang merancang sistem kurikulum MBKM di Universitas Negeri Gorontalo.

Mengawali acara dengan sambutan dari Dekan FPIK UNG Dr. Abdul Hafidz Olii, S.Pi.,M.Si  menuturkan terdapat tiga pilar dalam kampus merdeka sesuai dengan pesan kunci Mendikbud. Pilar 1, dosen adalah penggerak, harus profesional dan inovatif. Pilar 2, perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Pilar 3, konsolidasi kebijakan. Ia juga menambahkan, kampus merdeka memiliki 4 kebijakan utama, pembukaan prodi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri badan hukum, serta hak belajar tiga semester di luar program studi.Terkait kegiatan yang dapat dilakukan, yaitu magang atau praktik kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independent, serta proyek kemanusiaan. “Pengembangan kurikulum merdeka belajar ini tidak hanya mengedukasi dosen, tapi mahasiswa juga perlu tau, agar mereka bisa mempersiapkan,” tegas Hafidz. Menurutnya, prinsip merdeka belajar ini sangat bagus karena bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar prodi dan capaian pembelajaran.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Prof. Elya Nusantari menjelaskan tentang pengembangan dan implementasi kurikulum MBKM pada level universitas dan fakultas. “Dosen harus merancang tahapan pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi untuk mendukung implementasi BKP-MBKM sesuai KKNI & SN-Dikti dengan pendekatan OBE yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif” ujar Elya. Setelah narasumber selesai memaparkan materi dilakukan Foto Bersama dengan seluruh Peserta Workshop.

Kemudian acara berlanjut pada rapat sidang komisi pembahasan kurikulum MBKM dan update RPS mata kuliah pada masing-masing prodi. Pada akhir acara terdapat sidang pleno dimana para kaprodi memaparkan hasil dari rapat sidang komisi dan ditutup acara workshop oleh Dekan FPIK UNG

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah