Dosen FPIK UNG Lolos Sebagai Detaser pada Direktorat Sumber Daya Ditjen Diktiristek

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 1 Agustus 2023 . 12:23:59

Dosen FPIK UNG Lolos Sebagai Detaser Pada Direktorat Sumber Daya Ditjen Diktiristek

Salah satu permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan tinggi Indonesia adalah masih sangat tingginya disparitas kualitas antar perguruan tinggi, baik antara perguruan tinggi negeri (PTN) dengan perguruan tinggi swasta (PTS), antar sesama PTN itu sendiri, ataupun antar perguruan tinggi dengan lokasi yang berbeda, contohnya antara perguruan tinggi di Pulau Jawa dengan di luar Pulau Jawa. Disparitas ini mencakup berbagai aspek, mulai dari kualitas sumber daya manusia, proses belajar-mengajar, sumber daya pendukung, sampai ke bidang manajemen perguruan tingginya.

Program Detasering yang pernah juga dinamakan sebagai Program Mobilisasi Dosen Pakar dan Ahli (PMDPA), dimaksudkan sebagai upaya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk membantu perkembangan kualitas pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi di Indonesia. Pada awalnya, Progam Detasering diselenggarakan dikhususkan untuk memberikan pendampingan kepada perguruan tinggi yang saat itu baru berubah statusnya dari Perguruan Tinggi Swasta (PTN) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) agar tidak terjadi kesenjangan yang terlalu lebar dengan PTN yang sudah ada terlebih dahulu.

Sejak Tahun 2000, Program Detasering selalu diselenggarakan setiap tahun dan telah melibatkan banyak perguruan tinggi sasaran (Pertisas) dan ratusan tenaga dosen sebagai Detaser. Dari hasil evaluasi yang dilakukan, Program Detasering telah memberikan dampak positif terhadap kualitas perguruan tinggi yang telah dibina. 

Program Detasering bertujuan untuk mendorong perguruan tinggi Pertisas agar dapat bertransformasi dalam mencapai visinya, sehingga mampu menyelenggarakan pendidikan tinggi yang relevan dengan dinamika masyarakat serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang ditandai dengan: (1) meningkatnya kualitas pembelajaran dan relevansi pendidikan tinggi; (2) meningkatnya kualitas dosen dan tenaga kependidikan; dan (3) terwujudnya tata kelola yang berkualitas.

Prof. Dr. Rieny Sulistijowati S. S.Pi.,M.Si Dosen Jurusan Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG merupakan salah satu dari 50 (lima puluh) orang dosen yang lolos dalam seleksi sebagai Detaser dari Peserta Calon Detaser yang mendaftar sebanyak 200 (dua ratus) orang calon detaser yang ditetapkan oleh Direktur Sumber Daya Direktorat Sumber Daya Ditjen Diktiristek melalui Surat Penetapan No. 3103/E4/DV.05.03/2023 tanggal 17 Juli 2023. Direktur Sumber Daya telah menetapkan penugasan Detaser ke Perguruan Tinggi Sasaran (Pertisas) berdasarkan kebutuhan Pertisas dan keahlian yang dimiliki oleh Detaser. Universitas Negeri Gorontalo merupakan salah satu dari 29 (dua Puluh Sembilan) Universitas yang masuk dalam daftar Perguruan Tinggi Pertisum. 

Rieny Sulistijowati Universitas memperoleh penempatan di Universitas Katolik De La Salle dengan Judul Usulan Program Program Pembelajaran di UKDLSM yang mencakup kegiatan salah satunya Pelatihan metode pembelajaran (SCL, PBL, Blended Learning,Flipped learning, dll) dan evaluasi pembelajaran.

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah