Diseminasi Geopark Gorontalo serta MoU antara Badan Pengelola Geopark Gorontalo dengan Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan UNG sebagai salah satu mitra strategis dalam pengembangan Situs Geopark

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 20 Juni 2024 . 09:00:32

Gorontalo, 20 Juni 2024 – Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan (FKTP) Universitas Negeri Gorontalo bersama Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo hari ini menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk kerjasama dalam rangka diseminasi Geopark Gorontalo. Acara penandatanganan MoU berlangsung di Ballroom Damhil Hotel dengan dihadiri oleh berbagai pihak terkait.

Asisten 3 Bidang Adminitrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo Dr. Ir. Yosef P. Koton, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya atas terjalinnya kerjasama ini. "Kami berharap dengan adanya MoU ini, FKTP dapat berkontribusi lebih dalam mempromosikan potensi kelautan dan perikanan di Geopark Gorontalo, serta mendukung upaya pelestarian lingkungan di kawasan tersebut," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Dr. Ir. Aryanto Husain, M.MP, menyatakan bahwa kerjasama ini sangat strategis dalam memajukan potensi pariwisata Geopark Gorontalo yang kaya akan keindahan alam dan nilai sejarah. "Dengan dukungan FKTP-UNG sebagai mitra strategis, kami optimis dapat meningkatkan kualitas pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan di destinasi wisata, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat dan wisatawan tentang pentingnya menjaga kelestarian alam," ungkapnya.

Situs Geopark Gorontalo dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, termasuk formasi geologi unik, air terjun, danau, serta keanekaragaman hayati laut yang masih terjaga. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan Situs Geopark Gorontalo dapat menjadi destinasi wisata yang tidak hanya menarik dari segi keindahan, tetapi juga aman dan ramah lingkungan.

Kerjasama antara FKTP-UNG sebagai salah satu mitra strategis dan Dinas Pariwisata ini merupakan langkah awal dari berbagai program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Kedua pihak berharap dapat terus bersinergi dalam meningkatkan kualitas pariwisata di Gorontalo, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.Acara penandatanganan MoU ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah antara pihak FKTP, Dinas Pariwisata, serta tamu undangan yang hadir. Semua pihak yang terlibat berkomitmen untuk merealisasikan poin-poin kerjasama dalam MoU demi kemajuan dan keberlanjutan Situs Geopark Gorontalo.

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah