Dalam Rangka Peningkatan "Income Generate" Universitas Negeri Gorontalo Mengadakan Workshop: Optimalisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium di Universitas Negeri Gorontalo

Oleh: Dewi Nuryanti Fazrin . 25 Juni 2024 . 13:24:16

 

Gorontalo, 24 Juni 2024 - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengadakan workshop dengan tema "Meningkatkan Income Generate Universitas dalam Implementasi PTNBH Melalui Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium." Acara ini berlangsung di Lantai 4 Rektorat UNG dan dihadiri oleh para akademisi, kepala laboratorium, serta para laboran. Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan UNG juga sebagai salah satu peserta kegiatan ini dengan mengutus kepala laboratorium dan laboran masing-masing program studi.

Rektor UNG, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi, Umum dan Keuangan bapak Dr. Moh. Hidayat Koniyo, ST., M.Kom., dalam sambutannya, menekankan pentingnya optimalisasi laboratorium sebagai aset penting dalam meningkatkan pendapatan universitas. "Laboratorium tidak hanya sebagai sarana pendidikan dan penelitian, tetapi juga memiliki potensi besar dalam menghasilkan income bagi universitas melalui berbagai bentuk kerja sama dan inovasi," ujarnya.

Workshop ini menghadirkan beberapa narasumber ahli di bidang pengelolaan laboratorium dan manajemen pendidikan tinggi. Salah satu narasumber, Dr. Yuni Kilawati, S.Pi., M.Si Universitas Brawijaya Malang, membahas strategi efektif dalam memanfaatkan laboratorium untuk kegiatan penelitian dan pengembangan yang dapat dijual kepada industri. "Kolaborasi antara universitas dan industri adalah kunci untuk meningkatkan pendapatan, dan laboratorium memiliki peran sentral dalam hal ini," kata Dr. Yuni.

Selain itu, ada pemateri dari Badan Standarisasi Nasional bapak Harsono, ST memberikan paparan mengenai persiapan laboratorium menuju akreditasi. Materi yang disampaikan mencakup urgensi akreditasi, aspek manajemen, aspek teknis, dan dokumen yang diperlukan untuk akreditasi berdasarkan standar. Acara ini juga menampilkan sesi diskusi dan tanya jawab, di mana para peserta dapat bertukar pengalaman dan ide mengenai pengelolaan laboratorium. Dengan adanya workshop ini, Universitas Negeri Gorontalo berharap dapat meningkatkan pendapatan melalui optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan laboratorium, sejalan dengan implementasi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Langkah ini diharapkan dapat memperkuat posisi UNG sebagai institusi pendidikan yang unggul dan berdaya saing tinggi. 

Agenda

04 Januari - 04 Februari 2017

Banding Akreditasi Prodi MSP

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan akan melaksanakan Banding terkait dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT.

16 - 18 September 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.

05 September - 07 Agustus 2016

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.

10 - 13 Maret 2016

Pengabdian Pada Masyarakat FPIK UNG

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Civitas FPIK UNG akan dilaksanakan di Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah. Pengabdian ini sebagai bentuk upaya penjajakan kerja sama dengan antara FPIK UNG dengan Pemerintah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah